January 30, 2023

Mentalitas Arsenal benar benar teruji saat mereka berhasil mengalahkan Liverpool pada pekan ke 10 Liga Inggris, Minggu (9/10/2022) malam WIB. Berlangsung di Stadion Emirates, perjuangan tanpa mengenal lelah pasukan Meriam London berbuah hasil manis berupa kemenangan. Dwi gol yang dicetak Bukayo Saka sukses menginspirasi kemenangan tipis Arsenal atas Liverpool dengan skor 3 2.

Pemain Timnas Inggris mampu mengoyak gawang Liverpool masing masing pada menit 45+5 dan 76. Khusus gol kedua, Saka mampu mengonversikan penalti menjadi gol krusial sekaligus menyegel kemenangan timnya. Satu gol Arsenal lainnya dihasilkan oleh Gabriel Martinelli pada menit pertama.

Sementara, dua gol balasan Liverpool dicetak masing masing oleh Darwin Nunez (34') dan Roberto Firmino (52'). Keberhasilan Arsenal mengalahkan Liverpool membuat tim Meriam London kembali menduduki posisi puncak yang sempat diambil Manchester City. Dengan keunggulan satu poin, Arsenal sukses memimpin kembali perburuan gelar juara Liga Inggris untuk sementara waktu.

Arsenal selaku tuan rumah mengukir start sempurna setelah mencetak gol cepat pada menit pertama. Ialah Gabriel Martinelli yang sukses menjebol jala gawang rekan senegaranya sendiri, Alisson Becker. Berawal dari serangan cepat yang dimulai dari sisi kanan, Saka memberikan bola kepada Odegaard yang berada di tengah.

Umpan kunci yang diberikan Odegaard akhirnya sukses dimanfaatkan Martinelli untuk mencetak gol menit pertama. Para pemain Liverpool pun seakan terkejut dengan gol kilat yang didapatkan Arsenal pada laga ini. Setelah gol cepat Martinelli, permainan kedua tim makin menarik, dimana Liverpool mencoba keluar dari tekanan permainan pada awal laga.

Hanya saja memang aliran bola dari lini ke lini yang dimainkan Liverpool masih belum lancar. Sepuluh menit laga pembuka, belum ada satupun peluang emas yang diciptakan Liverpool. Kedisiplinan Tomiyasu menjaga pergerakan Salah membuat Liverpool kesulitan mencetak peluang.

Xhaka hampir saja menggandakan keunggulan Arsenal jika tembakannya tak ditepis Alisson pada menit ke 11. Meskipun pada akhirnya peluang tersebut berbau offside, setidaknya tembakan Xhaka membuat pertahanan Liverpool makin ketar ketir. Tomiyasu benar benar membuat Salah tak banyak berkutik dalam 20 menit sejak wasit meniup tanda laga dimulai.

Sisi kanan pertahanan Liverpool terus menjadi bulan bulan serangan Arsenal, dimana Martinelli dan Jesus bergantian disana. Peluang terbaik Liverpool hadir ketika Luis Diaz mendapatkan ruang kosong untuk melepaskan tembakan pada menit ke 24. Beruntung, Ramsdale melakukan penyelematan gemilang dengan menggagalkan tembakan pemain asal Kolombia tersebut.

Jesus yang pergerakan yang cukup liar di kotak penalti, mencoba memberikan tekanan lewat pressing ketatnya kepada bek Liverpool. Arsenal hampir saja bobol setelah kesalahan antisipasi dilakukan Saliba, beruntung refleks Ramsdale menyelamatkan gawang Arsenal menit 29. Pertahanan Arsenal akhirnya bisa dieliminasi pemain Liverpool, dimana Diaz mampu memberikan assist atas terciptanya gol Nunez.

Nunez sukses membawa Liverpool menyamakan skor setelah tembakannya tak bisa diamankan Ramsdale pada menit ke 34. Babak pertama terlihat akan berakhir imbang, justru Arsenal kembali mencetak gol lewat Bukayo Saja pada penghujung waktu. Arsenal pun memimpin dengan skor 2 1 lewat gol dari Martinelli dan Saka di Stadion Emirates.

Babak kedua dimulai, Klopp memutuskan menarik keluar Alexander Arnold yang tampil mengecewakan pada babak pertama. Joe Gomez masuk menggantikan pemain asal Inggris itu pada awal babak kedua. Odegaard hampir saja membuat keunggulan Arsenal menjauh jika ia lebih jeli mengarahkan bola ke gawang lawan.

Tembakan Odegaard yang terlalu lemah bisa diamankan Alisson, Arsenal gagal mencetak gol ketiga. Keunggulan Arsenal kembali tak bisa bertahan lama lantaran Liverpool mencetak gol penyama kedudukan lewat Firmino menit ke 52. Setelah disamakan kembali Liverpool, Arsenal terus berusaha menyerang guna mencetak gol ketiganya.

Laga dihentikan sementara setelah Gabriel Jesus perlu mendapat perawatan khusus dari tim medis. Usaha tanpa mengenal lelah yang dilakukan Arsenal berbuah peluang emas lewat titik penalti pada menit ke 73. Gabriel Jesus dilanggar oleh Thiago, dan Bukayo Saka yang menjadi algojo dengan dingin menyelesaikan peluang emasnya menjadi gol.

Gol Saka akhirnya mengunci kemenangan Arsenal atas Liverpool di depan publik Emirates, skor akhir 3 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *